Sabtu, 12 Oktober 2013

Tugas 1 - Sistem Informasi Psikologi

Apakah yang dimaksud dengan "sistem informasi psikologi?" Sebelum lebih jauh membahas tentang sistem informasi psikologi, maka akan dibahas terlebih dahulu tentang sistem dan informasi itu sendiri.

A. Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang beroperasi bersama-sama untuk menyelesaikan suatu sasaran, sistem juga dapat didefinisikan sebagai suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berkaitan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan menuju sasaran tertentu.
Dari beberapa definisi diatas dapat disimpulkan bahwa sitem adalah suatu kumpulan dari elemen-elemen yang membentuk suatu jaringan kerja yang saling berhubungan dan bersama untuk mencapai suatu tujuan.
Sedangkan informasi adalah data yang telah didapatkan, diolah/diproses, atau sebaliknya yang digunakan untuk tujuan penjelasan. Informasi merupakan olahan data yang telah diproses dan mengalami transformasi dari data menjadi sebuah informasi.

Lalu bagaimana pengertian informasi dapat berinteraksi dengan sistem?
Dari beberapa definisi tentang informasi dan sistem diatas, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antar keduanya yaitu sebagai suatu kumpulan atau kesatuan olahan data yang diorganisasikan dan saling melengkapi yang didalamnya mencangkup input-proses-output yang berhubungan dengan pengelolaan informasi.

B. Sistem Informasi Psikologi
Setelah tadi telah dibahas mengenai sistem informasi, maka dapat disimpulkan bahwa sistem informasi psikologi adalah suatu bidang kajian ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara ilmu psikologi dengan komputer dan aplikasinya dalam bidang psikologi.

-Contoh Kasus-
Contohnya adalah sistem informasi psikologi yang berbasis komputer adalah situs www.theinkblot.com
Didalam situs tersebut terdapat penyajian tes Rorschach secara online. Tes Rorshach sendiri adalah salah satu tes kepribadian dalam ilmu psikologi. Tes ini mengevaluasi emosi-emosi yang dialami klien dalam hidupnya, tingkat intelektual, dan membantu menjelaskan komponen-komponen kepribadian seseorang.

-ANALISIS-
Penggunaan sistem informasi tentu saja sangat berguna bagi kita semua karena mempermudah kita dalam kehidupan sehari-hari di era global ini. Juga secara khusus adanya sistem informasi psikologi ini, sangat membantu orang yang berkecimpung di dunia psikologi, karena dengan adanya sistem informasi psikologi ini dapat membantu kita mempercepat suatu pekerjaan, bisa dilakukan secara online dan terkomputerisasi. Juga memudahkan bagi orang-orang yang ingin belajar tentang psikologi, tentu saja dapat menambah ilmu dan wawasan seseorang.


-sumber-


 

http://pririn.wordpress.com/2011/05/14/sistem-informasi-psikologi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar